Cara mudah merawat AC Standing

 

ac-chube-1
AC Standing 5 pk

AC (Air Conditioner) saat ini merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuh kan banyak orang dalam kehidupan modern ini, yang mana kenyamanan sudah menjadi kebutuhan terutama di kehidupan orang orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta dan kota besar lain nya.

Sudah terpasang AC kah (Air Conditioner)  di Rumah atau tempat kerja Anda? Jawaban nya pasti nya sudah terpasang. Atau apakah Anda sedang  menggunakan jasa penyewaan AC Standing dirumah atau ditempat kerja  Anda? Pertanyaan selanjut nya apakah AC Anda atau AC Standing yang Anda sewa sudah memberikan pendinginan yang sesuai dengan harapan ? Kalau jawab nya belum atau kurang  dingin tentunya hal tersebut  sangat menyebalkan bagi penggunanya atau penyewa nya.

Dampak dari AC yang kurang dingin atau tidak dingin salah satu nya adalah mengurangi  produktifitas kerja ,Badan cepat capek , dan mengurangi kenyamanan dalam melakukan aktivitas  sehari hari bahkan bisa mengurangi kualitas dan kekhidmatan apabila Anda mengadakan sebuah acara . Kondisi tersebut bisa diperparah lagi apabila ruangan  yang ventilasi udara nya sangat terbatas.Udara dalam ruangan akan semakin panas dan pengap.

Untuk mengetahui kenapa  AC yang kita pergunakan sehari hari kurang dingin tentu nya banyak sebab yang harus di perhatikan.Misal nya

  • Kapan AC terakhir di cuci atau dibersihkan, Untuk pemakaian normal 10 – 13 Jam dalam sehari sebaik nya di cuci setiap 3 bulan sekali.
  • Perhatikan luas ruangan atau kamar Anda,Apakah luas ruangan sudah sesuai dengan kapasitas AC yang terpasang  diruangan tersebut.Bagi Anda yang akan membeli AC sebaik nya konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak penjual AC atau teknisi AC.
  • Coba cek remote control AC Anda, apakah sudah tepat seting remote nya. Pastikan mode Cool aktif dan set temperatur pada suhu nyaman yaitu temperatur 23 sampai 25 derajat celcius. Pada Mode Dry  berfungsi untuk mengurangi kelembaban pada suatu ruangan dan pada mode dry AC(Air Conditioner) tidak bisa mendingin kan ruangan dengan maksimal.
  • Pastikan Voltase atau tegangan listrik di rumah Anda stabil. Penurunan tegangan yang ekstrim bisa mempengaruhi kemampuan kerja pada  beberapa  komponen pada  unit AC Anda. Tegangan yang stabil antara 200 V – 220 V  Pada jaringan listrik rumah. Gunakan Stabilizer untuk  memaksimal kan tegangan apabila tegangan listrik dirumah Anda kurang bagus.
  • Apabila Ruangan terlalu terbuka atau banyak ventilasi  sebaiknya tutup sebagaian ventilasi tersebut, hal ini untuk meminimalisir udara dingin keluar ruangan atau kamar Anda.
  • Langkah selanjut nya adalah memanggil teknisi AC kepercayaan Anda, apakah ada bahan pendingin yang bocor atau berkurang. Pemeriksaan lebih lanjut akan dilakukan teknisi AC, apakah ada komponen AC Anda yang tidak bekerja secara maksimal atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

AC (Air Coditioner) merupakan salah satu peralatan elektonik  yang banyak di pakai baik di rumah, kantor, Perusahaan, dan banyak lagi tempat lain nya.

Pemeliharan atau perawatan rutin harus selalu dilakukan, hal ini untuk menghindari kerusakan yang fatal pada AC anda misal nya terjadi nya kerusakan pada kompresor atau mesin AC yang disebab kan karena  sirkulasi udara di kondensor terhambat oleh tebal nya debu yang menempel pada kisi kisi kondensor.

Demikian  semoga  bisa bermanfaat, Salam Dingin selalu..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s